Sabtu, 19 Februari 2011

Game 2D Super Canggih dan Seru



MadWorld adalah permainan video yang dikembangkan oleh Platinum Games dan diterbitkan oleh Sega. Game ini dirilis untuk Wii pada tanggal 10 Maret 2009 di Amerika Utara , pada tanggal 20 di Eropa , 26 Maret di Australia , dan Februari 10 di Jepang . Hal ini kembali dirilis di Australia pada tanggal 11 Maret 2010 di Sega Australia.
Berhubung sarat dengan kekerasan, darah, humor kasar dan lainnya. Untuk game ini dianjurkan agar tidak di mainkan oleh anak-anak.
Keistimewaan game ini adalah hanya ada 4 warna pada game ini yaitu merah, hitam, putih, kuning. tapi dengan hanya 4 warna tersebut game ini tidak menjadi kekurangan malah terasa sangat unik dan menantang untuk dimainkan. Game ini juga hanya menampilkan efek 2D yang sangat  memukau hampir terlihat 3D. Bakalan keren deh kalo mo maenin nih game tapi sayangnya masih di rilis untuk Wii dan game ports lainnya, belum ada yang merilis dalam PC game.

Gameplay
MadWorld dibagi menjadi beberapa tingkatan yang mewakili bagian yang berbeda dari Jefferson. Pulau yang telah dikonversi menjadi set untuk acara permainan "DeathWatch". Pemain berkembang melalui tingkat ini secara linear selama bermain pertama, namun dapat mengunjungi kembali setiap tingkat selesai untuk mencoba mencetak poin lebih atau mengambil tantangan lebih keras.
Beberapa fitur memerangi sepeda motor berbasis di mana karakter utama, Jack, diserang oleh musuh saat mereka berlomba menuruni trek atau dalam arena yang kecil.  Pemain ditantang untuk mengalahkan bos tingkat itu dalam batas waktu, namun untuk mengaktifkan melawan bos, pemain harus mengumpulkan poin cukup dengan mengalahkan musuh reguler.  Juga akan ada tantangan-tantangan lain, bonus, atau-mini bos yang akan menjadi aktif setelah pemain akumulasi poin yang cukup. Sebuah fitur umum dari masing-masing tingkatan adalah "Challenge Pertumpahan Darah ",(catatan : game ini khusus 12+) sebuah minigame waktu terbatas yang penghargaan pemain untuk menyelesaikan jenis kegiatan tertentu dengan poin tambahan. Jumlah poin untuk mengalahkan musuh meningkat dengan meningkatkan daya musuh atau menggunakan metode yang lebih tidak biasa untuk menang.
Pemain mengontrol Jack dari orang perspektif ketiga menggunakan Wii Remote dan lampiran Nunchuk untuk serangan dan gerakan, masing-masing. MadWorld tidak menggunakan Remote inframerah's sensor Wii, sebagai pengembang yang ditemukan tidak perlu untuk menentukan pergerakan pada layar untuk menyerang. Ketika serangan khusus tertentu yang mungkin, pemain diminta untuk menekan tombol atau menggerakkan pengendali secara spesifik untuk menyelesaikan tindakan saat melawan musuhnya.

Plot
Tiga hari sebelum peristiwa dalam permainan, yang Varrigan fiksi Kota telah menjadi target kelompok teroris yang dikenal sebagai "Penyelenggara", yang terputus transportasi kota pulau itu dan hubungan komunikasi dengan seluruh dunia, dan kemudian merilis sebuah virus ke penduduk yang akan membunuh mereka dalam waktu kurang dari 24 jam.  Jack Cayman ( Steven Blum ), seorang pria dengan gergaji ditarik dibangun ke salah satu lengan, masuk ke permainan dan berhasil mendapatkan sponsor dari "Agen XIII" ( Jim Ward ). Jack adalah seorang mantan pelaut , polisi, dan agen nakal, tapi sekarang tampaknya bertekad untuk menjalankan misinya untuk menumpas kejahatan. Seorang dokter dari sebuah rumah sakit yang tanpa sadar terjebak di kota tapi berhasil untuk mendapatkan vaksin.  Jack mengatakan pada walikota yang bernama Leo untuk mencoba untuk tetap sabar sampai game selesai, dan terus mencari putri walikota. baca selengkapnya klik disini

Pertama kali maen game ini, pada awal kemunculan Jack, hanya batang rokok yang sedang dihisapnyalah yang terlihat di kegelapan. baru saat Jack berjalan mendekati cahaya, siluet tubuh kemudian postur utuhnya terlihat secara penuh. Keren euyy !!

Selain itu kualitas suara secara keseluruhan cukup memuaskan. Aksi si Jack sepanjang game akan diiringi dengan musik hip hop yang keren, kombinasi yang cocok bagi telinga untuk game seperti ini. Sound effect-nya juga jempolan dehh, dari mulai suara raungan mesin gergaji mesin si Jack sampai teriakan-teriakan yang menyakitkan. Semua diperhitungkan dengan seksama oleh si pengembang.

Namun tak ada gading yang tak retak. Faktor minus pada game ini terletak pada sudut pandang kamera saat Jack mulai banyak merubah posisi sangat menggangu. Tapi semua kekurangan itu hanya faktor kecil saja, setelah memainkannya juga faktor tersebut tidak jadi penghalang dalam memainkan game ini.
Penasaran ? tapi ingat game ini hanya dimainkan untuk ORANG YANG SUDAH DEWASA.

5 Hal Rumit Dalam Pembuatan Game


Dalam pembuatan game bukanlah hal yang mudah. Itulah sebabnya ilmu pembuatan game sama rumitnya dengan ilmu science yang membutuhkan banyak rumus untuk menemukan sesuatu tujuan yang ingin dipecahkan. Karena itu janganlah heran jika game-game original yang dipasarkan atau dijual terbilang mahal. Sebab itu jugalah banyak pembuat-pembuat game yang sangat resah dengan pembajakan yang dilakukan para pembajak. Berikut 5 hal rumit dalam pembuatan game : 

1.       Kekuatan Komputer

Kalo mau ngebuat game sih yang pasti harus punya spesifik computer yang super canggih itu yang paling  utama menurut gue soalnya kalo ga canggih gimana bisa bikin game yang keren. Menurut logika gue sih begitu. Salah satu faktor canggih atau engganya komputer atau notebook dilihat dari VGA cardnya. Contoh merek terpopuler yaitu Nvidia. Nvidia sebagai salah satu pembuat chip grafis terbesar saat ini mengatakan akan membuat chip khusus yang powerfull dan cocok untuk pembuatan game. Namun karena lebih powerfull tentu saja harganya juga lebih powerfull juga alias mahal. Selain itu juga RAM yang dibutuhkan juga harus mempunyai kapasitas besar, begitu pula spesifik yang lainpun juga harus diperhatikan.    

2.       Pembuatan Air pada Game

Semua pengembang game saat ini berlomba-lomba mengejar satu poin utama dalam game yatiu tingkat kerealitasannya. Semakin hidup suatu game maka semakin bagus. Salah satu poin yang diutamakan yaitu pembuatan grafis air. Menurut para pembuat game pembuatan grafis air adalah salah satu faktor tersulit. Contohnya pembuatan air yang mengalir dan bergelombang semakin real atau nyata, dipastikan para gammers pun akan tertarik untuk memainkannya.   

3.       Ekspresi Para Karakter

Nah ada lagi nih hal yang bikin para pembuat game pusing. Pembuatan ekspresi wajah yang alami dan real. Tapi kalo menurut gue terkecuali pada karakter zombie, hantu dan monster. Gila aja kalo nampak begitu “hidup” bakalan serem banget dah buat maenin juga. Pada karakter manusia yang mau dibuat yang harus diperhatikan misalnya kedipan mata, gerakan mulut saat bicara dan raut wajah harus di buat dengan detail, jika tidak maka karakter manusia yang dibuat layaknya wajah robot yang tidak berekspresi. Karena itu para pembuat game mengupayakan cara lain yaitu dengan grafis 3D yang sangat halus dalam pembuatan karakter yang mereka buat. Contoh salah satu game yang cukup alami menurut gue pada game Mass Effect.   

4.  Reaksi Gerakan

Berlari, berjalan, mengayunkan pedang, melempar bom, ngeles dari serangan lawan menurut gue sih bukan masalah yang rumit oleh para pengembang game saat ini. Mau tau masalahnya ? Menurut mereka pengembang game, masih harus memecahkan masalah suatu karakter dalam game yang reaksi gerakannya belum terlalu nyata. Salah satunya yaitu gerakan karakter yang kesakitan saat terkena senjata lawan. Natural Motion, pengembang yang menemukan Al engine bernama Euphoria mampu membuat karakter bergerak secara mulus karena engine ini bisa menerjemahkan gerakan otot dan dan tulang manusia dalam sebuah karakter game berdasarkan ilmu anatomi dan biomekanik. Selain itu pengembang lain Haden Blackman, project leader Lucas Art ingin membuat karakter yang bisa merespon terhadap sebuah kejutan. Wahh gimana caranya tuh ? haha 

5.     Elemen Yang Belum Terpecahkan

Nah ini dia yang bikin para pembuat game mikir pusing tujuh keliling, mereka belum bisa menampilkan bentuknya secara real. Apakah itu ? Mau tau ? Menurut Lee Bamber dari game creator merupakan item dalam pembuatan game yang masih belum bisa mendekati realita dan digambarkan secara akurat yaitu dalam pembuatan API. Para ahli yaitu Rin Fedkiw dan Standford sudah bisa menciptakan rumus algoritma untuk asap, kertas terbakar bahkan minyak diatas air bisa dipecahkan namun kenapa api belum yah ? gue juga bingung. Yang gue tau sih emang belum ada game yang gue maenin apinya keliatan real sama kaya api nyata. Dan katanya belum ada processor yang bisa memecahkan persoalan ini.

Nah itu dia 5 hal yang bikin para pembuat game ribet dan belajar terus buat mengatasin masalah-masalah yang belum dipecahkan. Nggak heran lah kalo game original mahalnya ampun-ampunan. Apalagi kalo ada yang ngebajak pasti dah mereka pada bete banget, gimana engga mereka aja yang buat ribet.