1. Apa yang saudara ketahui tentang Manajemen?
Jawab :
Proses dari kegiatan seorang manajer bagaimana mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber-sumber yang tersedia untuk pencapaian tujuan
2. Sebutkan dan Jelaskan Fungsi-fungsi Manajemen?
Jawab :
Ø Planning (perencanaan):
Berpikir, menduga, menentukan prioritas, kegiatan bersifat non fisik diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi
Ø Organizing (pengorganisasian):
Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit kerja dan fungsinya, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaan pembagian kerja sesuai dengan perencanaan, dalam penempatan orang atau staf diharapkan objektif
Ø Motivating (motivasi):
Membina, mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai, memberikan rangsangan baik bersifat rohaniah atau jasmaniah. Rohaniah: Kenaikan pangkat, Pendidikan dan pengembangan karir, pemberian cuti, penambahan pengalaman, penelenggaraan human relation dengan tepat Jasmaniah: Sistem Upah gaji yang menggairahkan, pemberian tunjangan, distribusi sandang pangan, penyediaan fasilitas rumah, kendaraan dan jaminan pemeliharaan kesehatan
Ø Controlling (pengendalian):
Mengadakan pengawasan, penyempurnaan, evaluasi agar tujuan sesuai dengan perencanan yang telah ditetapkan, mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan dijalankan, seberapa besar sumber dimanfaatkan setelah diketahui kemudian dapat dikoreksi, apa yang harus dilakukan selanjutnya
3. Sebutkan Faktor-faktor produksi (sumber-sumber) Organisasi & Metode:
Jawab :
> Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)
> Uang atau Biaya (Money)
> Bahan-bahan atau Material (Materials)
> Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)
Sumber-sumber diatas menurut George R Terry disebut 6M (the six M’s in management) dengan menambah 2 sumber lagi:
> Tata kerja (Methods)
> Pasar (Market)
4. Apakah Manajemen, Organisasi serta Metode mempunyai kaitan dan hubungan, jelaskan menurut pendapat saudara!
Jawab :
Menurut saya banyak arti dalam manajemen itu sendiri namun secara khusus manajemen diri adalah suatu kegiatan yang harus kita lakukan dalam kehidupan kita sendiri yang berguna untuk mengatur segala sesuatu yang ada dalam kehidupan kita. Dan pada manajemen yang kita buat untuk diri kita harus ada perencanaan (planning) yang kita gunakan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.
Dengan begitu kita sudah pasti akan membuat pengorganisasian untuk melakukan perencanaan yang kita inginkan tersebut, seperti membuat daftar kegiatan. Kita juga harus memilih dengan metode apa kita pilih untuk membuatnya agar mendapat hasil yang sesuai. So kesimpulanya dalam manajemen,organisasi dan metode mempunyai keterkaitan.